Sebenarnya tutorial yang akan penulis tulis ini ditujukan kepada pada newbie blogger, tidak cocok buat pada master blogger yang lebih berpengalaman dibidang blogging. Sampai saat penulis menuliskan artikel ini, mungkin ditutorial dari blog/web diluar sana sudah banyak banget, tetapi penulis berusaha menjelaskan lebih detail tentang kelemahan blog kita yaitu dengan cara membuat blog kita lebih cepat dan responsive via salah satu produknya Google yaitu Google Developers Page Speed Insights.
Yang pertama Anda masuk dilaman Google Developers Page Speed Insights yaitu https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/sampai memuat satu halaman penuh seperti gambar berikut ini :


Nah, disitu terdapat alamat laman yang harus diisi kan?, dikolom masukkan URL laman web diisikan alamat blog Anda, misalnya blog ini berarti diisi http://saveriooo.blogspot.co.id, kemudian klik tombol disebelahnya yaitu klik ANALISIS secara rinci dan tutorialnya step by step seperti yang penulis contohkan berikut ini :


Tunggu sampai Google Developers Page Speed Insights selesai  menganalisis blog Anda, hal ini tergantung tingkat kerumitan blog dan tingkat kecepatan internet Anda, tetapi jika kecepatan internet Anda kecil hal ini tidak mempengaruhi terhadap persentase blog Anda, jika sudah selesai maka Anda akan dihadapkan terhadap masalah blog Anda (jika ada) dan sekaligus cara memperbaikinya. Nah disini beragam fitur produknya Google tersedia, artinya berbagai kelemahan pada blog kita akan nampak jelas baik view dari phonsel/smartphones maupun dari dekstop, seperti yang ada pada blog saveriooo.blogspot.com sebelum admin/penulis perbaiki. Berikut ini contohnya :


Setelah konten terbuka penuh, sebagai contoh penulis pilih dari Seluler dulu, sebelum penulis perbaiki tuh bisa dilihat begitu banyak kan kesalahan blog ini. Jadi tinggal diklik Tampilkan cara memperbaiki itu kita akan dihadapkan langsung dengan permasalah blog kita. Di Google Developers Page Speed Insights ini terdapat hal-hal yang dianggap penting oleh Google untuk diperbaiki yang ditandai didengan icon tanda seru dan berwarna merah seperti pada gambar diatas. Hal ini wajib diperbaiki agar kecepatan akses oleh pembaca dan kenyamanan user ketika membuka laman blog Anda tercapai kondisi maksimal. Kemudian, yang tidak kalah pentingnya juga icon tanda seru berwarna kuning juga harus diperbaiki meskipun tingkat keharusan dibawah yang tanda seru berwarna merah dan disitupun sudah terdapat kata jelas Butuh perbaikan dan Sebaiknya diperbaiki, untuk memperbaikinya sahabat blogger harus mengunjungi laman blogger sobat dan template kemudian edit html, untuk lebih cepat mencari sintax yang terdaftar pada icon tersebut dengan cara tekan ctfl+f di posisi edit html. Kemudian perbaiki seperti yang tertera pada Google Developers Page Speed Insights blog Anda.

Untuk mempersingkat Penulis menjelaskan yang kesannya bertele-tele, termasuk yang berada dilaman disebelahnya yaitu Dekstop caranya hampir sama dengan yang laman Seluler, cari kesalahannya kemudian perbaiki di laman blogger Anda.

Setelah semuanya diperbaiki, cek kembali seperti dari awal di Google Developers Page Speed Insights, jika terdapat kesalahan diperbaiki, jika sudah tidak ada masalah berarti blog anda sudah mencapai kecepatan maksimal dan SEO yang lebih baik. Mudah-mudahan artikel dan tutorial singkat ini membantu Anda sekalian.

Post a Comment

 
Top