Pada posting kali ini penulis memberikan contoh, Anda ditugaskan untuk menghitung jumlah hari diantara dua tanggal. Untuk lebih mudah, Anda dapat memanfaatkan Microsoft Office Excel untuk melakukan perhitungan tersebut. Sebagai Contoh penulis menyertakan gambar dibawah ini :




Permasalahan : Hitung jumlah hari atau jarak tanggal dengan bantuan formula seperti gambar diatas.

Tips dari Penulis.
Aplikasi pengolah angka buatan Microsoft ini sebenarnya sudah memiliki fungsi yang berguna untuk menghitung jumlah hari diantara dua hari yang diinput pada dua sel. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menggunakan fungsi "NetworkDays". Contohnya, Anda ingin memasukkan tanggal awal di sel A1 dan tanggal kedua di sel B1. Untuk menghitungnya, Anda dapat menggunakan formula "=NETWORKDAYS(A1;B1) dan hasilnya dapat diletakkan pada sel C1.
Pengguna perlu mengingat, bahwa aplikasi Excel akan menghitung semua tanggal yang dimasukkan. Jika tanggal awal yang Anda masukkan adalah 7 januari dan tanggal akhirnya adalah 8 januari, hasil yang dikeluarkan oleh Excel adalah dua (2). Yang menarik, formula ini juga akan tetap menghitung hari libur. Jika Anda ingin menghitungnya tanpa hari libur, formula yang harus Anda masukkan adalah "=NETWORKSDAYS(A1;B1;holidays). Tetapi untuk formula yang diakhiri dengan "holidays" untuk regional Indonesia belum support atau dalam hasilnya akan tertulis "=#NAME?

Semoga artikel singkat ini dapat membantu Anda sekalian.

Post a Comment

 
Top