LAUTAN BUATAN DENGAN ADOBE PHOTOSHOP

Mengubah jalan menjadi laut, berjalan diatas air, dan berbagai imajinasi gila mungkin pernah terlintas dikepala Anda. Siapa bilang semua imajinasi itu tidak dapat terwujud. Coba tantang kreasi Anda, dan wujudkan dengan Photoshop. Sebagai contoh tahapannya adalah sebagai berikut :

1. SIAPKAN GAMBAR JALAN

Jalankan Photoshop, dan buka sebuah foto jalan yang kosong dengan langit yang cerah. (1) Klik ganda layer Background, dan beri nama layer tersebut dengan "Jalan". Tekan kombinasi tombol Ctrl+J untuk menduplikasi layer, (2) beri nama layer baru dengan "Jalan (mirror)". Pilih menu Edit-Transform-Flip Vertical. Tarik layer "Jalan (mirror)", dan letakkan di bawah layer "Jalan".

2. REFLEKSI JALAN
Aktifkan kursor pada layer “Jalan” yang berada di atas, (1)  pilih Polygonal Lasso Tool,    (2)  lalu seleksi area jalan. Setelah seleksi tercipta, lanjutkan dengan menekan tombol Delete sehingga gambar jalan hilang, dan digantikan dengan gambar langit, memberikan kesan refleksi cermin.


3. BUAT RIAK AIR
Walaupun refleksi telah tercipta, tetapi belum terlihat seperti air. Untuk itu, pilih layer “Jalan (mirror)” yang berada di bawah, lalu pilih menu Filter – Distort – Ripple. Pada
jendela Ripple,    (1)  tentukan parameter Amount sebesar 136%, dan    (2)    Size dengan Medium. Klik tombol OK. Sedikit efek riak air telah tercipta.







4. WARNA LAUT
Tekan kombinasi tombol Ctrl + U untuk menampilkan jendela Hue/Saturation. (1)  Centang pada Colorize,    (2) tentukan Hue sebesar 212, Saturation sebesar 56, dan Lightness sebesar 42. Perhatikan hingga langkah ini, seleksi yang telah Anda buat dengan Polygonal Lasso Tool masih aktif.



5. RIAK ZIG-ZAG
Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan area seleksi. Pilih kembali Polygonal Lasso Tool,
dan buat area seleksi pada sebagian kecil area air. Pilih menu Filter – Distort – ZigZag,    (1) tentukan Amount    sebesar 15,    Ridges sebesar    14, dan Style dengan Pond ripples. Klik OK, dan tekan Ctrl + D.




6. TAMPILKAN SEBUAH TOKOH
Ambil sebuah gambar tokoh yang menarik, misalnya sebuah tokoh kartun.
(1)  Letakkan gambar tersebut pada kanvas kerja, dan posisikan layer-nya pada posisi teratas.   (2) Letakkan posisi kaki sang tokoh pada riak zig-zag. Untuk mempermudah pengaturan posisi, tekan Ctrl + T untuk mengaktifkan Transform,    3  klik kanan, dan pilih Distort. Lalu, Anda dengan bebas dapat menarik sudut-sudut gambar hingga mendapatkan posisi yang tepat.

7.  BAYANGAN SANG TOKOH
Ubah Layer 1 dengan nama “Tokoh”, tekan Ctrl + J untuk duplikasi, dan (1)  beri nama layer “Tokoh (mirror)”.
Letakkan di bawah layer “Jalan”. Pilih Edit – Transform – Flip Vertical, tekan Ctrl + T, dan atur posisi agar layer “Tokoh (mirror)” tampak seperti bayangan sang tokoh.    (2)  Atur Opacity menjadi 45%, dan Fill menjadi 65%. Lihatlah hasilnya. Cool?


Semoga dapat membantu .....

 

 

 

Post a Comment

 
Top