Berdasarkan pengalaman berenang baik disungai, kolam renang dan lainnya sering kali sebagian dari tubuh kita kemasukan air. Sudah sewajarnya, saat mulai masuk kedalam air tentunya bagian rubuh yang berongga akan terisi oleh air.
Bagian tubuh yang kemasukkan air semisal mulut dapat langsung ditelan, yang sebenarnya kurang sehat,  hidung dapat dikeluarkan dengan cara membuangnya melalui hidung. Nah, jika yang kemasukkan air itu telinga, bagaimana ? berikut ini langkah-langkahnya :
Pertama, jika sudah terasa air berada dirongga telinga usahakan segera keluar dari air.
Kedua, segera berdiri tegak dengan posisi kepala miring kebagian telinga yang akan dikeluarkan airnya.
Ketiga, melompat lompatlah dengan lembut dan posisi kepala tetap miring kebagian telinga yang akan dikeluarkan airnya, meskipun bagian telinga yang satunya terasa kemasukkan air.
Keempat, setelah terasa airnya hilang, segera berganti memiringkan kepala kebagian satunya yang kemasukan air dengan lompatan yang lembut.
Kelima, pastikan air sudah keluar seluruhnya dari telinga dengan lompatan dari lompatan kecil sampai agak tinggi, perhatian : jangan terlalu melompat tinggi karena dapat menyebabkan cedera tubuh.
Baru setelah itu dapat dibersihkan dengan tuntas melalui cotton bud, tetapi harap dengan lembut dan hati-hati, kesalahan sedikit nantinya akan melukai telinga.
Perhatian :
Saat keluar dari air dengan cepat maka tubuh kita akan merasakan kedinginan / biasanya menggigil kedinginan, oleh karena itu alangkah lebih baik terlebih dahulu menghangatkan tubuh dengan berpakaian kering atau memakai handuk kering
Sekian dulu, semoga artikel ini bermanfaat bagi pengunjung/pembaca sekalian

Post a Comment

 
Top