Apa itu APK?

        APK adalah paket aplikasi Android (Android Package). APK umumnya digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi atau program yang akan dijalankan pada perangkat Android. APK pada dasarnya adalah file compress seperti zip file, karena berisi dari kumpulan file. APK dapat diperoleh melalui berbagai metode, seperti menginstall sebuah aplikasi melalui Play Store, download dari sebuah situs web kemudian Kamu install secara manual, atau membuat dan mengembangkan sendiri dengan bahasa yang sebagian besar berbasis Java & xml.
        Jika Kamumemiliki file APK pada komputer Anda, dan ingin menginstallnya pada android anda, Kamudapat juga dengan menjalankan perintah “adb install namafile.apk”untuk install aplikasi melalui USB ke perangkat android anda.
        APK sudah ada atau disertakan bersama dengan ROM, namun sebagian besar yang diketahui bahwa APK adalah aplikasi dari pengembangan developer android baik berupa tools, game atau aplikasi lainnya.
        File APK pada perangkat android di direktori “/data/app/namafile.apk”. Direktori ini biasanya tidak dapat diakses, untuk melindungi aplikasi berbayar, kecuali ROM perangkat android Kamu telah Kamu ROOT. Pada rooted ROM, sangat mungkin untuk menyalin aplikasi ke folder ini secara manual dengan menggunakan perintah ‘adb push’ atau semacamnya. Setelah sebuah file berada di direktori “/data/app”, maka aplikasi sudah terpasang pada perangkat.
        Selain itu, dimungkinkan juga untuk menginstall aplikasi ke partisi system dari perangkat yang sudah Kamuroot. Cara ini memiliki keuntungan yaitu aplikasi tersebut    tidak    dapat  dihapus   dari   perangkat,  sehingga    berguna     untuk keamanan/anti-pencurian aplikasi seperti WaveSecure dan MobileDefense.
        System aplikasi ini akan disimpan dalam “/system/app”. Aplikasi dalam folder ini biasanya bagian dari sistem operasi Android, dan sebaiknya jangan diubah atau dihapus kecuali Kamu mengetahui apa yang Kamu lakukan.

Bagaimana cara kerja APK?

         Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya untuk mengerti pemahaman cara kerja APK android ada baiknya jika kita bongkar terlebih dahulu APK tersebut, untuk membongkar dapat Kamudapat menggunakan winrar, ubah ekstensi “.apk” menjadi “.rar” lalu ekstrak ke folder tertentu.
         Langkah kerja aplikasi android adalah saat mulai menjalankan aplikasi tersebut atau ketika kita klik (touch) aplikasi kita di perangkat android. Setelah kita klik      aplikasi,     sistem     android         pertama      kali    akan  memeriksa file AndroidManifest.xml pada project kita.
         Dalam file tersebut, sistem android akan mencari element <activity> yang ditetapkan sebagai LAUNCHER, ditandai dengan memiliki elemen <category> dengan atribut

           <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />

         Setelah itu dijelaskan pula dalam konsep aplikasi android terdapat file Java, file inilah yang mengatur logic dari aplikasi android. Berdasarkan informasi yang ada di AndroidManifest.xml, maka file inilah yang akan dijalankan pertama kali ketika user ingin menjalankan aplikasi.
         Selain itu terdapat juga file Class yang merupakan sebuah class turunan dari class Activity. Metode class akan dipanggil ketika activity ini ingin dijalankan. Artinya, setelah APK berjalan sesuai yang diinginkan, maka APK akan memberikan tampilan, file xml yang akan digunakan menjadi tampilan activity ini adalah pada file dengan ekstensi .xml dalam folder res/layout/ pada aplikasi android.
        File inilah yang mengatur tampilan, sesuai dengan parameter yang diberikan ke metode menjalankan dan menampilkan. Selain itu terdapat juga file yang menempatkan tampilan komponen UI (button, textview, etc) secara berurutan berdasarkan penulisannya. Seperti namanya, Tampilan yang ditampilkan langsung ditulis atau merupakan referensi ke variable string dalam “res/values/strings.xml.”

Cara Membackup Aplikasi yang sudah terpasang menjadi APK
        Jika Kamuingin membackup aplikasi anda, terlebih jika Kamuingin memformat ulang ponsel android anda, maka ikuti langkah – langkah berikut ini :
-Unduh Aplikasi ES File Manager atau Titanium Backup
-Buka aplikasi tersebut, pilih App manager
-Pilih aplikasi yang ingin di Backupc
-Klik Backup
-Selesai
*Catatan : file yang telah di Backup ada di “sdcard/backup”


Sumber referensi : Fikri Akhdi Maulana, 
Disunting dan dikembangkan oleh gudangsiki


Post a Comment

 
Top