Apa itu Android?

       Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet, sama fungsinya seperti Symbian di Nokia, ios di Apple, blackberry , & windows phone. Android awalnya dikembangkan oleh Android .Inc, dengan dukungan finansial dari google, yang kemudian mengakuisisinya pada tahun 2005.
        Sistem operasi ini dirlis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance. Open Handset Alliance (OHA) adalah konsorsium dari perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, produsen perangkat seluler seperti HTC, Sony, dan Samsung, operator nirkabel seperti Sprint Nextel dan T-Mobile, serta produsen chipset seperti Qualcomm dan Texas Instruments. OHA sendiri bertujuan untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler. Standar terbuka adalah standar yang publikasinya tersedia untuk umum dan memiliki berbagai ketentuan bagaimana ia dirancang (misalnya proses terbuka).    Tidak  ada    definisi  tunggal   dan  perbedaan   interpretasi dalam penggunaannya. Istilah “standar” dan “terbuka” memiliki berbagai makna yang terkait dengan penggunaanya. Ada sejumlah definisi standar terbuka yang menekankan aspek berbeda dari keterbukaan, terasukspesifikas yang dihasilkan, keterbukaan proses pembuatannya, dan kepemilikan hak dalam standar. Istilah “standar” kadang-kadang dibatasi pada teknologi yang disetujui oleh komite formal yang bisa diikuti oleh semua pihak berkepentingan dan beroperasi berdasarkan konsensus.
        Saat itu, Android diresmikan sebagai produk pertamanya; sebuah platform perangkat seluler yang menggunakan kernel Linux versi 2.6, dan untuk setiap reelease-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan penutup. Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah      HTC    Dream,       yang    diluncurkan  pada   22     Oktober   2008.
        Antarmuka pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata, seperti menggesek, mengetuk, mencubit, dan mengebalikkan cubitan untuk memanipulasi obyek dari layar. Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya dibawah Lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkan lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Selain itu, Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kostumisasi.
       Kemudian bagaimanakah sejarahnya berikut ini informasinya sejarah android

Sumber referensi : Fikri Akhdi Maulana, 
Disunting dan dikembangkan oleh gudangsiki



Post a Comment

 
Top