Jenis dan Tipe Android dari Pertama sampai saat ini
                          A. Android Versi 1.0
HTC produsen pertama yang menggunakan sistem operasi Android 1.0 pada HTC Dream (T-Mobile G1 dalam versi AS) pada oktober 2008.

                          B. Android Versi 1.1
Tepat dua bulan sebelum peluncuran Android versi 1.5, Android hadir pada versi 1.1 yang tepatnya pada tanggal 9 Maret 2009. Android versi 1.1 merupakan Android awal yang dimana versi ini baru memberikan sentuhan dibeberapa aplikasinya seperti sistem antar muka bagi pengguna (user interface) yang lebih baik, serta beberapa aplikasi yang lain.


                          C. Android Versi 1.5 (Cupcake)
Pada bulan Mei 2009 Android kembali mengalami perubahan versi. Android versi 1.1 kemudian disempurnakan dengan Android versi 1.5 atau yang dikenal sebagai Android Cupcake. Perubahan yang terjadi pada sistem operasi Android Cupcake bisa dibilang cukup banyak. Berikut spesifikasi Android Cupcake :
  • Mempunyai kemampuan merekam dan menonton video melalui camcorder.
  • Upload video ke youtube dan upload gambar ke picasa.
  • Aplikasi baru soft-keyboard dengan fungsi text prediction.
  • Bluetooth A2DP dan AVRCP support.
  • Mempunyai kemampuan otomatis terhubung ke perangkat Bluetooth dengan jarak tertentu.
  • Widget baru dan folder dapat dikumpulkan di layar home.


                           D.Android Versi 1.6 (Donut)

Android ini dirilis pada September 2009. Versi ini memperbaiki kesalahan reboot dalam OS sebelumnya. Berikut spesifikasi Android Donut :
  • Peningkatan pada android Market.
  • Integrasi kamera, perekam video, dan tampilan galeri.
  • Aplikasi galeri yang baru memungkinkan pengguna memilih banyak foto untuk dihapus. Aplikasi voice search yang diperbaharui menjadi lebih cepat merespon dan integrasi dengan aplikasi yang lain termasuk kemampuan mencari kontak.
  • Aplikasi Search yang ditingkatkan untuk bisa mencari bookmarks, history, kontak, dan web dari layar home.
  • Peningkatan dukungan teknologi untuk CDMA/EVDO.802.1x, VPNs dan mesin text to speech Mendukung resolusi layar WVGA .
  • Perbaikan kecepatan di aplikasi pencarian dan aplikasi kamera.


                           E.Android Versi 2.1 (Eclair)
       Dirilis pada 3 Desember 2009. Perubahan yang ada antara lain adalah pengoptomalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, Perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1 Android Eclair merupakan Android pertama yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface.  Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps aplikasi unggulan). Semakin banyak pihak ketiga yang berminat ntuk menyalurkan aplikasi mereka kepadasistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android sudah Shazam, Backgrounds, dan Weatherbug.
     Sistem operasi Android dalam situs internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh myspace dan Facebook. Berikut Spesifikasi Android Eclair :
  • Optimalisasi kecepatan Hardware
  • Mendukung lebih banyak ukuran layar dan resolusi layar.
  • Revamped UI, User interface baru pada browser dan dukungan html5.
  • Daftar kontak baru, Rasio putih-hitam yang lebih baik untuk backgrounds.
  • peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2
  • Dukungan untuk Microsoft Exchange.
  • Mendukung Flash untuk kamera, Digital Zoom. Peningkatan pada aplikasi virtual keyboard, Bluetooth 2.1, Live Wallpapers.


                       F. Android Versi 2.2 (Froyo/Frozen Yogurt)
  Butuh 5 bulan bagi Google untuk melakukan regenerasi dari Android Eclair versi sebelumnya ke versi Froyo. Pada tanggal 20 Mei 2011, Android 2.2 alias Android Froyo ini dirilis. Sistem operasi dengan julukan froyo ini melakukan beberapa update dan juga pembenahan seputar serta tampilannya. Keinginan untuk bisa menempatkan sebuah kartu ekspansi berbentuk slot Micro SD berkapasitas besar sudah bisa diwujudkan OS versi ini. Berikut Spesifikasi Android Froyo:
  • Optimalisasi kecepatan dan performa Android OS.
  • Integrasi chrome v8 javaScript kedalam aplikasi bkrowser.
  • Peningkatan dukungan Microsoft Exchange, Peningkatan aplikasi launcher dengan shortcuts menuju aplikasi phone dan browser.
  • USB Tethering dan WiFi hotspot functionality.
  • Penambahan pilihan untuk menonaktifkan akses data jaringan mobile.
  • Aplikasi android market yang telah diperbaharui dengan fitur update otomatis.
  • Quick switcing between multiple keyboard languages dan kamusnya.
  • Telpon Suara, dan berbagai kontak melalui bluetooth.
  • Mendukung file upload di aplikasi browser.
  • Dukungan terhadap aplikasi Adobe Flash 10.1 terakhir
                        G.Android versi 2.3 (Gingerbread)
  7 Bulan kemudian Android kembali melakukan gebrakan dengan merilis kembali Android versi 2.3 atau yang dikenal sebagai Android Gingerbread. Dari segi tampilan Gingerbread jauh lebih atraktif dan sudah mampu mendukung fitur dual kamera untuk melakukan video call, Bukan hanya itu saja, Android Gingerbread juga mulai mengkonsentrasikan kepada kemampuan untuk meningkatkan mutu aplikasi-aplikasi permainan berbasis mobile android. Berikut Spesifikasi Android Gingerbread:
                        -NFC (Near-Field Communication)
  Aplikasi NFC akan tersedia di dalam Gingerbread, ini memungkinkan produsen gadget untuk membuat perangkat yang bisa digunakan untuk transaksi nirkabel alias dompet elektronik.
                         -Dukungan pada Kamera Depan
  Aplikasi kamera di Android 2.3 sudah mendukung kamera depan sejak awalnya. Artinya produsen seperti HTC, yang salah satu versi ponsel Androidnya sudah memiliki dua kamera, bisa langsung memasang dua kamera di ponsel Android.
                         -Ponsel Internet
 Kemampuan teleponi via internet, atau Voice over IP, akan didukung pada tingkat sistem operasi. Tanpa aplikasi tambahan, pengguna sudah bisa membuat panggilan VoIP, tentu dengan setting SIP manual.
                         -Tampilan yang Lebih Rapih
Tampilan antarmuka dari Gingerbread konon bakal makin rapih dan mudah dipelajari. Menu dan tema visual diperbaiki oleh Google untuk memudahkan navigasi.
                         -Manajemen Aplikasi
 Akan tersedia shortcut untuk sebuah aplikasi bernama Manage Applications. Di sini pengguna bisa melihat berapa besar memori yang diserap oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan.
                         -Input Teks Lebih Cepat
     Keyboard Android Gingerbread dijanjikan akan lebih baik, dengan beberapa perubahan lokasi dan bentuk. Selain itu ada kemampuan memperbaiki salah ketik lewat kamus bawaan.
                         -Copy Paste
     Kemampuan untuk memilih (select) lalu melakukan Copy, Cut atau Paste di Gingerbread menjadi semakin baik. Cara penggunaannya mirip yang dilakukan Apple pada iOS, lengkap dengan marker yang bisa digeser sebelum menyalin.

                      H. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
  Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Layar muka Honeycomb juga memakai papan menu yang selalu nampak di bagian bawah layar. Papan ini berisi notifikasi, status sistem, dan navigasi di layar selain tampilan jam, mode redup, dan
 lain-lain. Sementara itu tampilan papan aksi di bagian atas akan tergantung pada aplikasinya.

                   I. Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich /ICS )
  Android Ice Cream Sandwich diumumkan secara resmi pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco), pihak Google mengklaim Android Ice Cream Sandwich akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Android Ice Cream Sandwich membawa fitur Honeycomb untuk smartphone serta ada penambahan fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.

                         J. Android versi 4.1/4.2 (Jelly Bean)
Android Jelly Bean juga diluncurkan pada acara Google I/O 10 Mei 2011 yang lalu. Android versi ini membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru, diantaranya peningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Versi ini juga dilengkapi Google Now yang dapat memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Misalnya, ketika pengguna sedang ada jadwal meeting disuatu tempat. Google Now akan membantu Kamuuntuk mengingatkan agar datang tepat waktu dengan menginformasikan estimasi lama perjalanan, jadwal bus untuk sampai ke tempat tujuan, dan lain-lain.

Project Butter dalam Jelly Bean tak hanya mengubah tampilan Android lebih menarik, namun diklaim juga dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada tiap-tiap ponsel. Google mengklaim ada 3 hal yang membuat Project Butter tampil mempesona, Vsync untuk anti flickr, lalu Triple Buffering untuk mengoptimalkan OpenGL, kemudian optimalisasi pada prosesor untuk meningkatkan responsifitas ponsel. Jadi bukan cuma sentuhan saja yang direspon dengan cepat, Jelly Bean juga membuat perpindahan aplikasi semakin smooth.

                             K. Android versi 4.4 (KitKat)
Android Kitkat yang baru dirilis pada tanggal 28 Oktober 2013, pada awalnya muncul isu bahwa Android versi selanjutnya (setelah ICS) itu adalah Key Lime Pie yaitu Android Versi 5.0. Android KitKat punya 5 kelebihan. terdapat beberapa poin pembaruan penting yang terdapat dalam Android KitKat 4.4. Beberapa pembaruan itupun dirasa lebih baik dari versi sebelumnya. Berikut ini di antaranya.


                         1. Perintah Suara
Di Versi terbaru Andorid ini lebih sederhana dan pintar.para Pengguna tidak harus menyentuh ponsel untuk penggunaan search, mengirim pesan, atau menerima arahan dari Google Map. Pada menu utama, pengguna hanya perlu mengatakan ' OK Google ' untuk memberikan perintah dengan kerja spesifik yang presisi.
                         2. Multi - Tasking Lebih Cepat dan bregas
Dengan versi Android 4.4 kitkat, Google terus mengembangkan kemampuan ponselnya agar lebih cepat memberikan respons. Misalnya saja, pengguna bisa mendengarkan musik dari Spotify, mencari foto di galeri, dan membaca berita terbaru di Twitter dengan kecepatan yang lebih baik.
                         3. Visual yang Lebih Baik
Pada versi android sebelumnya, sistem operasi Android menampilkan status bar, tombol navigasi, sembari menonton video atau membaca ebook. Pada versi 4.4, tampilan yang terkesan menghalangi tersebut bisa dihilangkan. Selain itu, ada tombol tambahan pada kunci layar untuk memungkinkan pengguna bermain game dan bisa langsung masuk ke dalam menu galeri pada waktu bersamaan.
                         4. Photo Editor
Adanya Photo Editor pada Android KitKat pun diperbarui. Terdapat beberapa fitur efek, filter, dan tools untuk menyesuaikan gambar. Hebatnya, Photo Editor juga memungkinkan pengguna mengembalikan hasil editan foto ke bentuk semula.
                         5. Hangouts
Aplikasi apik Hangouts juga ditambahkan pada sistem operasi ini. Hangouts mampu mengelompokkan semua SMS, MMS, video call, dan chatting dengan Google Hangouts pada satu tempat.


Sumber referensi : Fikri Akhdi Maulana, 
Disunting dan dikembangkan oleh gudangsiki

Post a Comment

 
Top