Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara menghilangkan plugin dan toolbar yang mengganggu di webrowser seperti mozilla firefox, chrome, baidu dan lannya. Hal ini biasanya ditandai dengan membuat tab baru di webrowser tersebut langsung tersambung ke alamat search engine selain google, yahoo dan bing. Dan yang kedua biasanya munculnya toolbar baru dibawah menu bar atau dibawah url, yang biasanya berisi bermacam fungsi search engine yang umumnya sangat memberatkan kinerja web browser dan windows. Contohnya : mysearch.com, babylon.com, ask.com dan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Hal ini terjadi karena pada saat browsing baik secara sengaja maupun tidak sengaja terklik iklan atau ekstensi search engine yang biasanya langsung terinstal diwindows dan disini justru mengganggu pengguna. Secara umum dalam sistem operasi windows cara menghilangkannya adalah dengan cara meng-uninstall ekstensi search engine yang terinstall langsung diwindows yaitu dengan masuk ke control panel cari program - cari uninstall a program - pada daftar program cari yang berkaitan dari namanya, ekstensinya yang sekiranya tidak diperlukan oleh windows maka silahkan diunistall saja. Kemudian restart windows Anda. Kemudian setelah windows hidup silahkan ke start pilih run, atau klik start ketikkan run, kemudian pilih run, ketikkan cmd, maka akan mucul command prompt, ketikkan regedit, cari di HKEY_LOCAL_MACHINE kemudian pilih SOFTWARE kemudian cari dan pilih mozilla dan mozilla plugin cari ekstensi search engine yang dianggap mengganggu kemudian hapus, harap hati-hati milihnya jangan sampai salah, kemudian close. Restart Windows kembali.

Nah sampai disini untuk yang web browser baidu dapat dipastikan sudah hilang total kan ? atau kalau masih muncul, silahkan pilih pengaturan kemudian pilih pengaya, uninstall ekstensi search engine yang mengganggu, restart baidu. . . beres kan !

Nah untuk yang memakai chrome web browser bagaimana ? coba Anda amati dengan teliti hampir mirip kan chrome dengan baidu, ini salah satu sistem teknikal baidu (china) yang bekerja sama dengan google untuk negara china akirnya melahirkan baidu web browser yang ekstensinya hampir sama dengan chrome seperti Google Publisher Toolbar, Gmail checker, Whatsapp web dan lainnya. Nah untuk chrome caranya pengaturan di menu bar paling kanan pilih - alat lainnya - pilih ekstensi atau yang disebut toko chrome, nah disana Anda dapat meremove / menghapus dari chrome. Sampai disini tidak ada masalah kan ? Kalau masih ada masalah mungkin saya dapat membantu bagaimana kasusnya, silahkan berkomentar saja.

Nah yang ketiga yaitu mozilla firefox sebagai web browsernya, untuk yang satu ini agak sedikit lebih ribet dibanding yang lainnya, setelah berbagai cara diatas kurang berhasil maka sebagian besar disini berhasil dengan baik. Caranya yaitu di alamat mozzila browser ketikkan about:config tanpa http:// kemudian muncul dialog "Perlakuan ini dapat mengakibatkan pelanggaran terhadap garansi" kemudian tekan "saya akan berhati-hati". Jangan bingung dulu memang sangat banyak disini yang harus dipilih yang mana, saya fokuskan cari data yang bernama baseUrl, updateUrl, : ganti dengan http://google.com, maka nantinya buka tab baru akan langsung tertuju di google.com dan sayangnya disistem ini pencarian atau ctrl+f tidak dapat digunakan jadi Anda harus cari satu per satu dengan teliti dan berhati-hati dan ingat anda pencariannya harus sampai bawah, karena baseUrl, updateUrl jumlahnya tidak hanya satu tergantung versi Mozilla Firefoxnya.

Semoga artikel ini dapat membantu. . .



Post a Comment

 
Top