Salam satu data untuk OPS seluruh Indonesia, setelah sekian lama khususnya pada bulan Januari 2016 ini kita melalui tahapan proses pengembangan aplikasi dapodik mulai dari 402, 403, 410, sampai pada 411 yang lahir hari ini, kita telah melalui proses yang menurut saya sering uninstall kemudian install lalu muncul baru uninstall lagi install lagi. Dan terkadang proses ini membuat kita jenuh, karena sepertinya aplikasi belum matang sudah diluncurkan sehingga waktu kita terfocus pada aplikasi bukan pada datanya.
Mudah-mudahan untuk kedepannya kita sebagai user lebih dipentingkan pada input datanya.
Diaplikasi sebelumnya ini kita kan hanya pembaharuan saja sehingga menurut saya terdapat kecacatan aplikasi yang telah saya coba terutama yang tidak dapat disimpan, tetapi saat ini telah diperbaiki oleh aplikasi baru ini.
Oh ya kawan-kawan, saat ini 23 Januari 2016 server dapo.dikdas.kemdikbud.go.id telah mengalami pengembangan pesat untuk servernya, sudah hosting sendiri, jadi untk download aplikasi dapodik 411/4.1.1/4.11 saya merasa sudah sangat cepat.

Tapi ingat setelah download kawa-kawan harus uninstall dulu aplikasi yang lama meskipun versi sama tetap saja aplikasinya beda, jadi kawan - kawan harus donwnload lagi Aplikasi dapodik 411/4.1.1/4.11 dan prefill dapodiknya.

Jika ada kesulitan download lagi di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id berikut ini  link downloadnya via server dapodikdas dan 4shared.

Download dapodik 411/4.1.1/4.11 via dapodikdas kemdikbud 
Download dapodik 411/4.1.1/4.11 via 4shared 
Dapodik 830/8.3.0/.8.30 untuk sekolah menengah / SMA dan SMK klik disini 


Jika masih ada yang kurang jelas terhadap tahapan pengerjaan dapodik 4.1.1 / 411 / 4.11 disini 


Post a Comment

  1. News... break update....
    Isian data siswa penerima Program Indonesia Pintar (PIP) dari keluarga pemenggang KKS/KPS/PKH/KIP pada menu peserta didik diharapakan sekolah untuk mengecek kembali, pastikan pilihan "ya" untuk pertanyaan Penerima KPS/KKS/PKH/KIP dan pastikan nomornya valid
    Sedangkan untuk usulan siswa penerima Program Indonesia Pintar (PIP) usulan tahun 2016 s/d akhir semester 2 tahun 2015/2016 bagi siswa miskin yang tidak mempunyai Kartu (sesuai kriteria/ lihat di aplikasi) OPS atas persetujuan Kepala Sekolah/ masukan unsur sekolah dengan pertimbangan tertentu (sesuai kriteria) dapat mengajukan secara langsung siswa calon penerima PIP tahun 2016 Non Kartu via aplikasi 4.1.1
    (Gambar 1/ usulan siswa calon penerima PIP dari Pemegang Kartu KPS/KKS/PKH/KIP)
    (Gambar 2 usulan siswa calon penerma PIP dari Non Kartu)
    SALAM SATU DATA

    ReplyDelete
  2. copy info buat dekanu sing bingung masalah ngisi riwayat pekerjaan ( termasuk aku dewe dekanu yo bingung,bareng k****ku tak.walik trus ra bingung,)
    iki copy an lho lur
    OK jika masih bingung,, ane contohkan...
    Contoh 1:
    si A pada SK kerja di Sekolah ABC dng TMT 01-07-2006
    Si A dapat SK lagi (mutasi) ke sekolah DEF dng TMT 01-10-2010
    nah berarti dalam dapodik skeolah DEF masukin riwayat pekerjaan di sekolah ABC dng TMT 01-07-2006, TSTnya berarti 30-09-2010 (kurangi 1 hari dari tmt sk yg baru jika si A-nya tdk berhenti dulu/continue)
    jika riawayat si A tsb baru segitu isinya cuma 1 riwayat saja sperti contoh di atas... jika lebih.. ya lihat dan fahami pada contoh 1 ini.
    contoh 2:
    Si B dapat SK tugas di sekolah Angin Ribut dng TMT 01-02-2003
    Si B sampai saat ini tugas di sekolah Angin Ribut, berati dalam dapodik Sekolah Angin Ribut si B tdk perlu di isi riwayat Pekerjaanya
    Contoh 3
    misal si C sk tugas jdi honor di sekolah Kajajaden, dng TMT 01-02-2004
    kemudian si C dapat rezeki diangkat jdi CPNS dan tugasnya masih disekolah kajajaden, dng TMT 01-06-2014
    setahun lebih kemudia berlalu si C diangkat jdi PNS dan tugasnya sama di sekolah kajajaden dng TMT 01-08-2015
    pegisian riwayat pekerjaanya di dapodik sekolah kajajaden berarti ada 2 baris:
    - riwayat waktu masih honor, TSTnya disisi 31-05-2014
    - riwayat waktu jdi CPNS, TSTnya 31-07-2015
    nah,pesene tiwoco,tipahami,tilakoni
    suwun

    ReplyDelete
  3. Link donlot 4share, rusak,om..

    ReplyDelete
  4. oke mas akan segera saya perbaiki

    ReplyDelete
  5. pak, komputer sekolah saya beralih alih ke linux, menhindari software bajakan. sy sdh coba install lewat wine. aplikasi sdh bs berjalan, tapi bermasalah saat membaca prefillnya.mohon solusinya

    ReplyDelete
  6. wah ini ternyata ada juga yang coba-coba seperti saya untuk mncoba instalasi dapodik via virtual linux yang memang open souce dan non lisensi. sesuai yang saya alami bahwa dapodik yang dinstall via virtual semacam wine dilinux, sangat besar sekali masalahnya hal ini disebabkan :
    1. ketika aplikasi mencoba membuat server host local nantinya portnya akan sedikit masalah.
    2. service web port, yang berbentuk apache pastinya nggak akan berjalan, dan ini yang tidak dapat menbaca file prefill.

    oh ya saya mencoba instalasi di distro ubuntu. 14.10

    Saran saya, coba kalo menghindari software bajakan migrasi aja kewindows 10, file instaler iso gratis dari microsoft, dan fitur yang ditawarkn lumayan banyak plus defendernya

    kalo memang enjoy dilinux, ketika kerja dapodik daripada bermasalah, yang ujungnya nanti kelembaga kita kan, dual boot, khusus windows dapodik, kalo yang lainnya linux.

    mungkin itu salah satu solusinnya

    ReplyDelete
  7. bagaimana solusinaya setelah leptop saya yg baru mau di instal dapodik 4.11 ko ga bisa

    ReplyDelete

 
Top