Salam satu data. Mulai tahun 2016 ini NUPTK tidak lagi divalidasi di web siap padamu lagi tetapi saat ini sudah memakai server tersendiri demi tercapainya Satu Data untuk Indonesia yaitu melalui web GTK Data kemdikbud. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.
Untuk info terbaru mengenai NUPTK silahkan klik : 
Untuk referensi pengajuan baru di sini : 
NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.
GTK dapat memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi Dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Setelah melalui proses verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan – Kemendikbud, bagi GTK yang memang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistem untuk dilengkapi dokumen-dokumen yang sesuai persyaratan untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui sistem Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi, setelah lolos verifikasi oleh Disdik selanjutnya secara sistem akan diverifikasi oleh Ditjen GTK dan bila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi GTK tersebut.
Berikut Tanya Jawab Seputar NUPTK 2016 :

Tanya (1): 
Sesuai surat edaran yang dikeluarkan oleh Sekjen Kemdikbud No. 029/A/LL/2016 tanggal 7 Januari 2016, tentang Penunjukan Penanggungjawab Pengelolaan Verval Data GTK dan NUPTK, apabila pengelola verval GTK sudah terdaftar, haruskah mendaftar kembali di www.sdm.data.kemdikbud.go.id ?
Jawab : 
Operator sekolah dan operator Dinas Pendidikan Kab/Kota yang sudah terdaftar di www.sdm.data.kemdikbud.go.id tetap harus melakukan registrasi ulang agar dapat melakukan operasional vervalGTK, dan operator harus melampirkan SK Penugasan pengelolaan vervalGTK .

Tanya (2): 
Kenapa upload dokumen dan Pasfoto GTK tidak bisa masuk?
Jawab :
Dokumen hasil scan harus berformat JPG/PNG dengan ukuran file kurang dari 1 MB. Sedangkan Pasfoto GTK berformat JPG/PNG dengan ukuran file kurang dari 200 KB.

Tanya (3) : 
Bagaimana proses pengajuan NUPTK?
Jawab : 
Dalam proses pengajuan NUPTK, operator sekolah tidak lagi mengajukan NUPTK untuk setiap GTK. Operator sekolah cukup melihat daftar Calon Penerima NUPTK melalui Aplikasi VervalGTK. Selanjutnya operator sekolah melampirkan scan dokumen asli (stempel basah) yang menjadi persyaratan penerbitan NUPTK. Persyaratan yang dikirim oleh operator sekolah akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Ditjend GTK. Setelah lolos verifikasi dokumen persyaratan, PDSPK menerbitkan NUPTK. Operator sekolah dapat melihat sejauh mana proses pengajuan NUPTK melalui aplikasi VervalGTK di status pengajuan.

Tanya(4) : 
Sekarang penerbitan NUPTK oleh PDSPK, apa saja syarat-syarat untuk pengajuan NUPTK?
Jawab : 
Syarat pengajuan NUPTK mengacu surat edaran yang dikeluarkan oleh Dirjend GTK No. 14652/B.B2/PR/2016 tanggal 28 Desember 2016 tentang Penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan pada satuan pendidikan formal dan non formal di Tahun 2016. Adapun syarat dan ketentuan penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan selengkapnya dapat dilihat pada Mekanisme, Syarat dan Ketentuan Penerbitan/Penonaktifan NUPTK website dengan alamat: http://gtk.data.kemdikbud.go.id.

Tanya (5) : 
Bagaimana penerbitan NUPTK bagi yang non PNS?
Jawab : 
Syarat pengajuan NUPTK mengacu surat edaran yang dikeluarkan oleh Dirjend GTK No. 14652/B.B2/PR/2016 tanggal 28 Desember 2016 tentang Penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan pada satuan pendidikan formal dan non formal di Tahun 2016. Adapun syarat dan ketentuan penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan selengkapnya dapat dilihat pada Mekanisme, Syarat dan Ketentuan Penerbitan/Penonaktifan NUPTK website dengan alamat: http://gtk.data.kemdikbud.go.id.

Tanya (6) : 
Bagaimana cara verval GTK?
Jawab : 
Verval GTK hanya dapat dilakukan oleh Operator Sekolah, operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan operator Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Selengkapnya, cara verval GTK dapat dilihat di Panduan Aplikasi Verval GTK.

Tanya (7) : 
Bagaimana cara memperbaiki data GTK yang tanggal lahirnya salah, sedangkan di dapodik sudah terkunci?
Jawab : 
Perbaikan data GTK (nama, tempat lahir, tanggal lahir, ibu kandung, NIK, dan jenis kelamin) dapat dilakukan melalui Aplikasi Verval GTK. Pengajuan perubahan data GTK hanya dapat dilakukan oleh operator sekolah.

Tanya (8) : 
Untuk verval GTK dilakukan oleh operator sekolah atau operator Dinas?
Jawab : 
Verval GTK dapat dilakukan oleh Operator Sekolah maupun Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan hak akses yang berbeda.

Tanya (9) : 
PADAMU kan udah ditutup, lalu yang jadi pertanyaan - Untuk GTK Non PNS, bagaimana cara register agar terdaftar menjadi GTK resmi Kemdikbud. Apakah cukup hanya mengandalkan DAPODIK?
Jawab : 
Ya, oleh karena itu operator sekolah harus meng-entri-kan data PTK di Dapodik dengan benar, lengkap dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Tanya (10) : 
Untuk GTK gimana nih? Kapan bisa dengan mudah dapat NUPTK, terus NUPTK yg sudah di keluarkan oleh PADAMUNEGERI gimana statusnya di PDSPK?
Jawab : 
Data hasil penjaringan yang dilakukan oleh Aplikasi PADAMUNEGERI, oleh Ditjen GTK sudah dilakukan rekonsiliasi data antara data GTK di DAPODIK dan data GTK di PADAMUNEGERI. Hasil dari rekonsiliasi data tersebut menjadi data arsip GTK di PDSPK.

Tanya (11) : 
Bagaimana cara penonaktifan NUPTK?
Jawab : 
Penonaktifan NUPTK dilakukan atas permintaan GTK yang bersangkutan. GTK mengajukan penonaktifan NUPTK ke Sekolah. Sekolah membuat Surat Keterangan Penonaktifan NUPTK atas persetujuan Kepala Sekolah. Selanjutnya, Sekolah megirimkan Surat Keterangan Penonaktifan NUPTK ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan diteruskan ke PDSPK. Mekanisme Penonaktifan NUPTK Kependidikan selengkapnya dapat dilihat pada Mekanisme, Syarat dan Ketentuan Penerbitan/Penonaktifan NUPTK website dengan alamat: http://gtk.data.kemdikbud.go.id.
Berikut ini adalah Website Resmi NUPTK 2016 :
NUPTK-PDSPK
Untuk Cek NUPTK Silahkan Klik disini

Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi :


PDSPK 
Kemendikbud Gedung E Lantai 1


Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Senayan - Jakarta 12070

Unit Layanan Terpadu :
Call Center : 177
Telp : 021-570.3303
Fax : 021-573.3125
SMS : 0811.976.929
Email : pengaduan@kemdikbud.go.id

Salam Satu Data buat Indonesia



Post a Comment

  1. NEWS UPDATE.....Menghadapi pemberlakuan sistem terbaru NUPTK 2016 dihimbau kepada seluruh Guru masing-masing jenjang untuk melihat status NUPTKnya secara mandiri melalui halaman gtk.data.kemdikbug.go.id

    ReplyDelete
  2. mohon penjelasannya ,,bagaimana cara memperbaiki NUPTK yang salah entry di dapodik,,sementara di dapodik NUPTK terkunci, mohon penjelasannya pak,,trima kasih....

    ReplyDelete
  3. baiklah pak, seperti yang bapak alami bahwa NUPTK salah entry kemudian saat ini sudah terkunci di Dapo, maka kami sebagai penyebarluas informasi agar sampai kepada yang memerlukan hanya dapat menyarankan sebagai sumber referensi disini http://www.gudangsiki.blogspot.co.id/2016/02/verval-ptk-untuk-pengajuan-nuptk.html , kami mohon maaf jika jawaban kami kurang memuaskan bagi bapak karena saya sudah informasikan di forum-forum yang pada akhirnya hasilnya juga kurang memuaskan, mudah mudahan diwaktu yang tidak begitu lama, kami menemukan jawaban yang dapat membantu bapak dengan sempurna

    ReplyDelete
  4. menjawab dari SDI NW Wanasaba bahwa untuk NUPTK silahkan Bapak kunjungi link berikut ini, http://gudangsiki.blogspot.co.id/2016/02/informasi-terbaru-nuptk-rangkuman.html silahkan bapak copy link tersebut dan dibuka di browser address Bapak. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung

    ReplyDelete
  5. mohon maaf mau bertanya. saya sudah memiliki nuptk (pns umum 2015). tetapi saya cek di status nuptk, data saya tidak ada kemudian saya bertanya di dinas pendidikan setempat katanya nuptk yang terbit perode juni sampai desember 2015 tidak diakui oleh kemdikbu, terus tindakan saya selunutnya bagaimana pak? apakah saya perlu menonaktifkan nuptk saya (nuptk saya terbit 6 oktober 2015 melalui aplikasi padamu negeri). mohon jawabanya, terima kasih

    ReplyDelete

 
Top