NERACA PENDIDIKAN , DAERAH 2016 
NERACA PENDIDIKAN DAERAH, MENGAPA PENTING? 
Banyak katangan masyarakat yang bertanya: pendidikan itu tanggungjawab siapa, bagaimana membiayainya, dari mana sumber dananya, kemana saja dibetanjakan, dan apa hasitnya. Apakah pendidikan di daerah merupakan tanggungjawab Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah? Datam bentuk apa masyarakat dapat berpartisipasi? Ini hanya sebagian dari daftar panjang pertanyaan dan masalah pendidikan yang ada di hadapan kita dan harus kita temukan solusinya. 
Neraca Pendidikan Daerah (NPD) merupakan satah satu cara untuk menjawab pertanyaan di atas dan dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi penting tentang potret pendidikan dan penganggaran pada suatu daerah. Dengan memahami NPD setiap orang tidak saja dapat mengetahui besaran anggaran pendidikan dan kinerja suatu daerah tetapi juga dapat berpartisipasi aktif datam memecahkan berbagai masalah pendidikan. Bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah NPD dapat digunakan sebagai acuan datam menyusun kebijakan dan meningkatkan kinerjanya, sekatigus untuk memperkuat ekosistem pendidikan datam meningkatkan mutu dan akses pendidikan. Dengan data yang disajikan pada NPD ini pemerintah dan seturuh etemen masyarakat dapat bersinergi tebih optimat demi mewujudkan pendidikan yang bermutu, terjangkau, dan berkeaditan. 
Neraca ini disusun secara sederhana agar mudah dipahami dan akan diterbitkan setiap awat tahun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mutai tahun 2016 ini NPD menyajikan data akhir tahun 2015 dan dapat diakses secara daring melalui Portat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

INFORMASI APA SAJA YANG DIPEROLEH DARI NPD? 
Kita dapat mengetahui kinerja daerah pada sektor pendidikan, terutama tentang: 
✓ Anggaran Pendidikan yang dialokasikan daerah untuk pendidikan (menurut urusan) dan yang diterima daerah dari pusat (transfer pusat ke daerah untuk bidang pendidikan) Jumlah, kondisi, dan akreditasi Satuan Pendidikan. 
✓ Jumlah peserta didik dan guru serta nisbahnya. Capaian Pendidikan (nilai Ujian Nasional, nilai Ujian Kompetensi Guru, Indeks Integritas UN). Presentase Penduduk Tuna Aksara. 
✓ lndeks Pembangunan Manusia (berdasarkan angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah). 

MANFAAT APA YANG DIPEROLEH DARI NPD? 
Pemerintah dan masyarakat dapat memanfaatkan NPD untuk: 
✓ Meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 
✓ Meningkatkan kapasitas Pemerintah Daerah untuk melaksanakan desentralisasi pendidikan. 
✓ Menerapkan sistem pembiayaan pendidikan berbasis kinerja pada semua jenjang pemerintahan termasuk penerapan desentralisasi asimetris untuk bidang pendidikan. 
✓ Mendorong pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. 
✓ Meningkatkan efektivitas pelaksanaan program pembangunan di bidang pendidikan. 
✓ Meningkatkan kualitas dan ketersediaan data dan informasi pendidikan. • Memperkuat ekosistem pendidikan melalui sinergi antara pemerintah, pelaku dan pegiat pendidikan, media, orangtua, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat. 

APA SAJA ISU STRATEGIS PADA BIDANG PENDIDIKAN? 
✓ Dari seluruh total anggaran pendidikan nasional (Rp. 419,176 T) terdapat Rp. 267 T (63,7%) yang ditransfer ke daerah. Bagaimana Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat menambah anggaran pendidikan? 
✓ Apa yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam mengurangi angka penduduk tuna aksara? 
✓ Bagaimana langkah nyata Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk memastikan setiap anak bisa bersekolah hingga lulus sekolah menengah? 
✓ Masih banyak guru yang belum berijazah S1ID4, apa terobosan Pemerintah Daerah dan guru sendiri? 
✓ Sertifikasi pendidik bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikandan kesejahteraan guru. Apa yang perlu dilakukan Pemerintah Daerah agar tujuan itu dapat tercapai dengan segeralcepat? 
✓ Secara umum hasil Liji Kompetensi Guru (UKG) masih rendah. Apa langkah konkrit Pemerintah Daerah dan guru sendiri untuk meningkatkan kompetensinya? 
✓ Bagaimana Pemerintah Daerah dan masyarakat menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang layak? 
✓ Apa upaya Pemerintah Daerah dan sekolah untuk meningkatkan hasil Lijian Nasional? 
✓ Bagaimana Pemerintah Daerah, kepala sekolah, guru, orang tua dan masyarakat bekerja sama mempraktekkan dan membiasakan sikap jujur di kalangan siswa dan lingkunganya? ✓ Bagaimana kita dapat terlibat secara aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini? 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan J1. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat 10270 Call Center : 177 Telp : (021) 5703303 SMS : 0811976929 Email : pengaduan@kemdikbud.go.id kemdikbud.go.id kemdikbud RI tift@kemdikbud_RI


Untuk kelaman website neraca pendidikan : 


Salam satu data untuk Indonesia

Post a Comment

 
Top