Salam satu data buat semua rekan-rekan operator sekolah seluruh Indonesia. Pada saat ini tanggal 30 Juli 2016 Aplikasi dapodik 2016 telah dirilis dan admin ingin memperkenalkan  sesuai dengan cuplikan dari dapodikdasmen.kemdikbud.go.di sebagaimana berikut ini :

Aplikasi Dapodik Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun ajaran 2016/2017 diberi nama Aplikasi Dapodik Versi 2016. Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini dikemas dalam bentuk installer yang dapat digunakan oleh semua jenjang pendidikan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Otoritas data pengguna (username dan password) dan penambahan data PTK baru pada Aplikasi Dapodik telah diberikan pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sehingga jika terdapat pergantian operator sekolah dan/atau tambah PTK Baru, maka sekolah harus melapor dan berkoordinasi pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Data pengguna akan digunakan saat mengunduh data prefill dan proses registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2016.

Aplikasi dapodik 2016 ini dirilis dengan tampilan aplikasi yang elegan dan menarik :



Aplikasi Dapodik Versi 2016 disajikan dengan tranformasi tampilan baru yang lebih berwarna dari tampilan Aplikasi generasi sebelumnya. Menu Aplikasi yang sebelumnya terletak di atas kini disajikan di sisi kiri aplikasi serta jika diperlukan menu ini dapat disembunyikan. Sekolah juga dapat menampilkan foto sekolah dan operator sekolah melalui pengaturan menu profil pengguna.

Untuk mendownloadnya silahkan pilih link dibawah ini :
  1. Melalui dapodikdas kemdikbud.go.id : 
  2. Melalui Dropbox :

Pendataan dengan aplikasi Dapodik Versi 2016 ini wajib dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Aplikasi Dapodik Versi 2016 digunakan untuk mendata 4 (empat) entitas data pokok pendidikan, yaitu: Data Satuan pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, serta Substansi Pendidikan. Data pada Aplikasi Dapodik bersifat individual, maka keempat entitas data pokok pendidikan tersebut harus diisikan secara lengkap dan terperinci mencakup semua atributnya. Di dalam Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini disediakan menu- menu yang mengakomodasi semua entitas data pokok pendidikan beserta prosedur transaksional secara periodik.

Pola input data masih dipertahankan sama dengan Aplikasi generasi sebelumnya. Namun untuk validasi data menjadi lebih ketat khususnya validasi data yang terkait dengan data PTK. Pengiriman data masih menggunakan sistem pengiriman 2 arah yakni melalui metode sinkronisasi data.

Untuk mendukung implementasi Aplikasi Dapodik Versi 2016 agar berjalan dengan baik, maka Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyusun Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016. Buku ini dapat menjadi panduan sekolah dalam implementasi pendataan Dapodik, dan menjadi pedoman bagi petugas operator sekolah dalam melaksanakan peran dan tugasnya dalam input data dan operasional Aplikasi Dapodik Versi 2016.


Panduan Penggunaan Aplikasi
Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 dapat diunduh disini


Surat Edaran Dirjen Dikdasmen
Surat Edaran Dirjen terkait Dapodik 2016 dapat diunduh disini
 

FAQ
Daftar pertanyaan yang sering diajukan dapat diunduh disini
 

Infografis Pengenalan Aplikasi Dapodik Versi 2016
Infografis Pengenalan Aplikasi Dapodik Versi 2016 dapat diunduh disini 


Untuk download prefill dapodik 2016 pada dapodikdasmen :

Data prefill diatas digunakan jika ketika instalasinya pada posisi offline saja, Aplikasi dapodik 2016 saat ini sudah mendukung registrasi secara online Cukup menginputkan data username, password dan kode registrasi yang tepat maka proses registrasi dapat dilakukan. Proses registrasi online kurang lebih berlangsung selama 5 menit jika koneksi internet lancar, berikut ini screenshotnya :


Jika pada versi dapodik sebelumnya secara default port localhost dengan cara memasukkan alamat localhost:8080 maka untuk dapodik 2016 adalah alamat localhost:5774.
Dan setelah selesai, berikut ini tampilan barunya :




Salam satu data berkualitas

Post a Comment

 
Top