Salam GudangSiki kepada seluruh bapak/ibu guru kelas VI dan smp/sma/smk dan operator sekolah seluruh indonesia, kali ini saya ingin berbagi pengalaman untuk import data excel ke dalam aplikasi BIOS UN, agar pekerjaan bapak/ibu guru mengajar tidak terganggu.
  1. Buka folder program BIOS UN
  2. Buka aplikasi BIOS UN dengan nama BIODATA UASBN.exe, kemudian masukkan username dan passwordnya standar untuk sd username:dikdas password:us2017 (tahun 2017), kalau belum memiliki silahkan hubungi UDPK/Dinas Pendidikan setempat karena setiap wilayah mungkin berbeda-beda.
  3.  Pilih Export/Import
  4.  Pilih Buat Format Excel kemudian minimize aplikasinya.
  5.  Buka folder aplikasinya cari format excelnya (format biodata dalam excel-D)
  6.  Buka file format biodata dalam excel-D.xls
  7.  Silahkan diisi formatnya, tetapi jangan merubah formatnya (yang sangat wajib untuk diisi adalah : paralel(kelas A/B), absen(no urut), NISN, No Induk, Nama Pes, Tmp Lahir, Tgl Lahir (000000-tgl00,bln00,th00) dan seterusnya sampai kolom paling kanan.
  8.  Setelah selesai mengisi kemudian simpan file tersebut dengan cara klik save as, pilih di opsinya microsoft excel 5.0/95 (harus).
  9.  Kemudian simpan file tersebut difolder propinsi-kabupaten, contohnya folder 05-26 untuk propinsi jawa timur kabupaten trenggalek. Kalo foldernya belum muncul silahkan klik aplikasi BIOS yang diminimize tadi kemudian cari sekolah bapak/ibu, kemudian minimize lagi, pasti secara otomatis muncul foldernya.
  10. Setelah file disimpan di folder yang tadi contoh 05-26, rename file excelnya sesuai dengan kode sekolah bapak/ibu. kode ini sama dengan file.dbf yang otomatis ada setelah bapak/ibu memilih siswa di tab isi data - siswa. Contoh : BIO17_0526394D untuk SD Negeri 3 Siki. Jadi nama file excelnya juga BIO17_0526393D.xls
  11. Buka aplikasi yang diminimize tadi pilih export/import lagi, pilih import Excel klik Proses 
  12. Tunggu sampai muncul "Import data excel berhasil"
Semoga membantu, Salam GudangSiki 

Post a Comment

 
Top