Salam GudangSiki, saat ini sudah banyak yang memakai Operating system Linux terutama Ubuntu, tetapi tidak banyak dari rekan-rekan pemakai linux ubuntu yang dapat memasang driver scanner dengan sempurna, sehingga dari sekian banyak printer scannernya belum berfungsi.
Dari hal tersebut diatas saya mencoba untuk membantu, barangkali ada yang memerlukan. Untuk mendeteksi perangkat printer pada linux ubuntu sangat mudah, hal ini karena tersedianya menu "Printing" yang dapat diakses melalui "System | Administration". Namun jika anda ingin menghubungkan Ubuntu dengan scanner tidaklah mudah. Apakah ada solusinya ?.
Nah berikut solusinya : memasang sebuah scanner pada linux ubuntu dapat diatasi dengan menginstall aplikasi sane (scanner acces now easy). Untuk menginstalnya ketikkan perintah.

Selanjutnya, aplikasi sane akan di download dan diinstall. Jika memang scanner yang terpasang di komputer pengguna, Sane dapat langsung mendeteksinya. Hal ini berbeda dengan scanner yang merupakan bagian dari sebuah printer multifungsi, Contohnya printer yang saya pakai adalah HP M152NF.
Umumnya printer HP dapat langsung dikenali dengan memasang driver hplip (HP Linux Image and Printing). Driver ini dapat didownload melalui Driver HPLIP atau melalui repositori Ubuntu. Jika anda mendownload via repositori ubuntu, ketikkan perintah :


Namun, hanya dengan memasang hplip, tidak serta merta membuat aplikasi Sane secara otomatis mendeteksi scanner yang tersedia disana. Masalahnya muncul pesan input/output error saat fungsi scanner ingin diakses melalui aplikasi XSane (Interface GUI untuk Sane).
Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengetikkan perintah :


dari konsol. Kemudian pilih "d" untuk mendownload langsung. Kendalanya, perintah tersebut tidak dapat men-download plug-in yang diinginkan jika internet yang digunakan memakai proxy. Jika harus men-download secara manual file yang di-download adalah hplip-versi-plugin.run Nomor versi dapat dilihat pada kalimat HP linux imaging and printing system. Dalam tips kali ini, versi yang digunakan adalah 3.10.6
Setelah mendownload file tersebut ulangi untuk mengetikkan perintah


Selanjutnya ketikkan "p" untuk mengarahkan lokasi file yang didownlod sebelumnya. Jika muncul pesan anda dapat mengabaikkannya dan tekan "y" (yes). Berikutnya akan muncul End User License Agreement (EULA) dan kembali tekan "y" (yes) untuk menyetujui EULA. Jika instalasi plugin sudah selesai dilakukan. Anda dapat mengakses scanner menggunakan Xsane.

Semoga bermanfaat, salam GudangSiki

Post a Comment

 
Top