Sediki share kawan mengenai distro linux dracos yang mulai rilisnya pada 2016 oleh debian corporation. dracOs Linux adalah sistem operasi linux yang bersifat opensource dan di bangun berdasarkan Linux From The Scratch.
Projek ini di mulai pertama kalinya tanggal 12 Juni 2012 oleh Zico Ekel dan waktu itu di mulai dengan remastering saja. dracOs linux di bawah perlindungan GNU General Public License v3.0. Sistem operasi ini merupakan salah satu varian distro linux yang berbasis pengujian security (penetration testing). dracOs linux di bekali oleh ratusan tools pentest, forensic, malware analysis dan reverse engineering. dracOs linux tidak menggunakan tools-tools berbasis GUI dan hanya memilki perangkat lunak yang menggunakan CLI (command line interface) untuk melakukan operasinya. dracOs linux menghormati dasar-dasar ethical hacking dan lahir dari berbagai kontribusi komunitas penggiat security di Indonesia.

Karakteristik dracOs sebagai distro Linux

Dracos Linux hadir dengan tampilan yang elegan dan menarik,berikut ini screenshotnya,
Security education level; dracOs Linux memiliki tujuan pendidikan untuk pengertian mendalam terhadap sistem linux , penetration testing , analisa forensik dan reverse engineering. Atas alasan tersebut, kami melengkapi dracOs linux dengan ratusan tools penetration testing yang sudah teruji dan sering di gunakan di tingkat dunia keamanan jaringan komputer dunia.
build from source; semua rangkaian sistim piranti lunak kami bangun dari source code yang kami dapatkan dari berbagai situs resmi pengembang masing-masing , Penambahan tools juga bisa di lakukan oleh pengguna dengan cara yang sama (build tarball/package). Hal ini di harapkan dapat merangsang pengguna untuk tetap kreatif serta membangun semangat opensource itu sendiri. Di sisi security, pengguna juga akan terbiasa kritis di saat memilih serta menganalisa paket, tools opensource yang tersebar di dunia internet (darknet), hal ini dikarenakan pengguna selalu melihat sendiri isi kode, serta menganalisa terlebih dahulu (reverse engineering), sehingga terhindar dari berbagai penyusupan dan memaksimalkan kinerja serta hasil audit security.
Repository; meskipun secara proporsional berdasarkan source code , tim kami akan tetap membangun repositori untuk sanitasi sistem (lihat venomizer)
Heavy Control; Perlu kami akui bahwa sistem operasi dracOs sangat sulit di gunakan untuk tingkat pemula linux. Karena dracOs di bangun dari kode sumber, sehingga memaksa kita untuk melakukan compile disaat memasang sebuah paket atau piranti lunak, yang tentu saja akan muncul kemungkinan munculnya kegagalan sistem dan kelemahan sistem lainnya. Namun kami percaya dengan metode belajar seperti ini , para pengguna linux akan dapat lebih mengerti bagaimana cara kerja dasar linux itu sendiri dan mengetahui setiap proses sistem sehingga memudahkan para pengguna linux terutama Pentester, sysadmin atau mereka yang memerlukan kepastian tingkat keamanan yang teruji, untuk mempelajari penggunaan piranti-piranti lunak berbasis pengujian keamanan. Salah satu harapan kami adalah agar semangat "OPREK" dapat muncul kembali setelah pada kenyataannya mulai hilang di kalangan Linuxer khususnya di Indonesia.
Always from terminal; Tidak ada satupun piranti lunak (kecuali dwm) yang terinstall secara default di sistem dracOs yang menggunakan GUI. Penggunaan CLI atau melalui terminal (console) membuat pengguna paham tentang setiap proses yang di hasilkan oleh piranti lunak. Sistem Desktop (DE) (lihat : dwm-dracOs) yang kami gunakan memiliki kemampuan pemisahan terminal (spliiter) (lihat : urxvt) yang bertujuan untuk memudahkan user dalam memantau multi proses Penetration Testing. Mungkin ada yang kesulitan dalam mendownload dracos linux, disini tempatnya :


Beberapa dokumentasi yang berguna untuk menggunakan sistem operasi Dracos Linux ataupun mengembangkannya (development), tersedia di dalam dokumen HOW-TO, Faq serta pada FORUM resmi kami. Kawan-kawan sesama pejuang tux, linuxer dan berbagai pemerhati IT sudah melakukan review terhadap dracOs linux.. silahkan lihat disini Testimoni. Klik Development untuk mengenal tim dev inti dracOs.

Getting Help

Jika anda membutuhkan bantuan atau informasi yang lebih detail mengenai kami, silahkan menghubungi kami melalui irc channel official di irc.dracos-linux.org. atau anda dapat mengirimkan email melalui

Community unofficial

Komunitas unofficial di dirikan oleh para pengguna dracOs yang akan saling bahu membahu bersama dracOs linux dev tim dalam mengembangkan dracOs. dracOs berkembang di dalam komunitas. Kami mendukung penuh unofficial community yang terdaftar di bawah ini
  1. Indonesian Regional Community
    https://www.facebook.com/groups/DracosLinuxIndonesia/
  1. Official kaskus thread
    http://www.kaskus.co.id/thread/56e7fc04620881fe3b8b456b/dracos-dragon-comodos-linux-distro-pentest-berbasis-lfs-dari-indonesia/1
Perfect Operating System, Salam Gudang Siki

Post a Comment

 
Top