Trotux adalah pembajak browser  (Malware / Adware / Shortcut / Hijacker) yang diintegrasikan dengan menggunakan free software yang Anda download dari Internet. Setelah terinstal akan mengatur secara otomatis melalui homepage dan mesin pencari untuk setiap browser yang dipasang seperti http://www.trotux.com/....
Hal yang dianggap berbahaya, adalah secara otomatis dapat menambahkan alamat laman seperti http://www.trotux.com/?ts=[timestamp]&v=[version]&uid=[uid]&ptid=[unknown]&mode=[unknown ] untuk Windows shortcut pada desktop Anda dan menu Start Windows Anda.

Sayangnya, beberapa download gratis tidak mengungkapkan bahwa software lainnya juga akan dipasang dan Anda mungkin menemukan bahwa telah menginstal adware tanpa sepengetahuan Anda.
Ketika pembajak browser / malware ini diinstal pada komputernya, korban mudah menjadi frustasi kemudian mereka menghapus melalui cara pintas dari link browser mereka, mereka secara otomatis akan menambahkan kembali. Hal ini karena program Trotux.com menggunakan layanan Windows dengan membajak jalan pintas / shortcut  kemudian mendeteksi bahwa jika pintas telah dibersihkan akan otomatis menambahkan kembali. Inilah sebabnya mengapa kita harus terlebih dahulu menghapus program dari komputer sebelum kita membersihkan jalan pintas.
Untuk menghapus www.trotux.com, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. LANGKAH 1: Scan komputer Anda dengan Malwarebytes Adwcleaner
  2. LANGKAH 2: Scan komputer Anda dengan Malwarebytes Anti-Malware
  3. LANGKAH 3: Scan komputer Anda dengan HitmanPro
  4. (OPTIONAL) LANGKAH 5: Scan komputer Anda dengan Zemana AntiMalware
  5. (OPTIONAL) LANGKAH 5: Atur ulang browser Anda ke pengaturan default

Tahapannya adalah sebagai berikut :


LANGKAH 1: Scan komputer Anda dengan Malwarebytes AdwCleaner

Malwarebytes AdwCleaner adalah utilitas gratis yang akan memindai komputer Anda untuk program adware yang mungkin telah dipasang tanpa sepengetahuan Anda.
Anda dapat men-download Malwarebytes AdwCleaner dari link di bawah.
Malwarebytes ADWCLEANER DOWNLOAD LINK (Link ini akan memulai download "Malwarebytes AdwCleaner" pada komputer Anda)
Sebelum memulai Malwarebytes AdwCleaner, menutup browser web Anda, kemudian klik dua kali pada ikon Malwarebytes AdwCleaner.
Jika Windows meminta Anda, apakah atau tidak Anda ingin menjalankan Malwarebytes AdwCleaner, silakan ijinkan untuk menjalankan.
Ketika program Malwarebytes AdwCleaner akan terbuka, klik pada tombol "Scan" seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Malwarebytes AdwCleaner sekarang akan mulai untuk mencari adware dan program berbahaya lainnya.
Untuk menghapus file berbahaya yang terdeteksi pada langkah sebelumnya, klik pada tombol "Clean".
Malwarebytes AdwCleaner akan meminta Anda untuk menyimpan semua file yang terbuka atau dokumen, seperti program akan perlu reboot komputer untuk menyelesaikan proses pembersihan. Silahkan melakukannya, dan kemudian klik pada tombol "OK".
Ketika reboot komputer Anda dan Anda login, Malwarebytes AdwCleaner otomatis akan membuka file log yang berisi file, kunci registri, dan program-program yang telah dihapus dari komputer Anda. Tinjau file log ini dan kemudian tutup jendela notepad.

LANGKAH 2: Scan komputer Anda dengan Malwarebytes Anti-Malware
 

Malwarebytes Anti-Malware adalah scanner on-demand yang kuat yang akan menghapus Trotux.com redirect dari mesin Anda. Penting untuk dicatat bahwa Malwarebytes Anti-Malware akan berjalan bersama perangkat lunak antivirus tanpa konflik.
Anda dapat men-download Download Malwarebytes Anti-Malware dari link di bawah.
Malwarebytes Anti-malware DOWNLOAD LINK (Link ini akan membuka halaman web baru dari mana Anda dapat men-download "Malwarebytes Anti-Malware")
Setelah di-download, tutup semua program, kemudian klik dua kali pada ikon pada desktop Anda bernama "MBAM-setup" untuk memulai instalasi Malwarebytes Anti-Malware.
Anda mungkin disajikan dengan dialog User Account Control meminta Anda jika Anda ingin menjalankan file ini. Jika hal ini terjadi, Anda harus mengklik "Ya" untuk melanjutkan instalasi.
Ketika instalasi dimulai, Anda akan melihat Malwarebytes Anti-Malware Setup Wizard yang akan memandu Anda melalui proses instalasi.
Untuk menginstal Malwarebytes Anti-Malware pada mesin Anda, terus mengikuti petunjuk dengan mengklik tombol "Next".
Setelah terinstal, Malwarebytes Anti-Malware otomatis akan mulai dan akan memperbarui database antivirus. Untuk memulai sistem scan Anda dapat mengklik "Scan Now" tombol.
Malwarebytes Anti-Malware sekarang akan mulai memindai komputer Anda untuk Trotux.com pembajak browser. Ketika Malwarebytes Anti-Malware adalah pemindaian itu akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Ketika scan sudah selesai, Anda akan disajikan dengan layar yang menunjukkan infeksi malware yang Malwarebytes Anti-Malware telah terdeteksi. Untuk menghapus program jahat yang Malwarebytes Anti-malware telah ditemukan, klik pada tombol "Hapus yang Dipilih".
Malwarebytes Anti-Malware sekarang akan mengkarantina semua file berbahaya dan kunci registri yang telah ditemukan. Ketika menghapus file, Malwarebytes Anti-Malware mungkin memerlukan reboot untuk menghapus beberapa dari mereka. Jika menampilkan pesan yang menyatakan bahwa perlu reboot komputer Anda, perkenankan untuk reboot.

LANGKAH 3: Scan komputer Anda dengan HitmanPro

HitmanPro menemukan dan menghapus malware, adware, bots, dan ancaman lain yang bahkan antivirus yang terbaik seringkali melewatkannya. Ini dirancang untuk berjalan bersama Suite antivirus
Anda, firewall, dan alat-alat keamanan lainnya.
Anda dapat men-download HitmanPro dari link di bawah ini:
HITMANPRO DOWNLOAD LINK (Link ini akan membuka halaman web baru dari mana Anda dapat men-download "HitmanPro")

Klik dua kali pada file yang bernama "HitmanPro.exe" (untuk versi 32-bit Windows) atau "HitmanPro_x64.exe" (untuk versi 64-bit Windows).
Klik pada tombol "Next", untuk menginstal HitmanPro di komputer Anda.
HitmanPro sekarang akan mulai memindai komputer Anda untuk malware.
Bila telah selesai maka akan menampilkan daftar semua malware yang program ditemukan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Klik pada tombol "Next", untuk menghapus malware.
Klik pada "Aktifkan lisensi gratis" tombol untuk memulai gratis 30 hari percobaan, dan menghapus semua file berbahaya dari komputer Anda.

(OPTIONAL) LANGKAH 5: Scan komputer Anda dengan Zemana AntiMalware


Zemana antimalware adalah utilitas yang kuat yang akan menghapus semua jenis malware dari browser Anda.
Langkah ini harus dilakukan hanya jika masalah Anda belum diselesaikan dengan langkah-langkah sebelumnya.
Anda dapat men-download Zemana antimalware dari link di bawah ini:
Zemana antimalware DOWNLOAD LINK (Link ini akan memulai download "Zemana AntiMalware")
Klik dua kali pada file yang bernama "Zemana.AntiMalware.Setup.exe" untuk memulai instalasi Zemana antimalware.
Anda mungkin disajikan dengan dialog User Account Control meminta Anda jika Anda ingin menjalankan file ini. Jika hal ini terjadi, Anda harus mengklik "Ya" untuk melanjutkan instalasi.
Klik pada tombol "Next", untuk menginstal Zemana antimalware di komputer Anda.
Ketika Anda mencapai "Pilih Tugas tambahan" layar, Anda dapat memilih keluar "Aktifkan Real Time Protection" pilihan, kemudian klik pada tombol "Next".
Ketika Zemana antimalware akan mulai, klik pada tombol "Scan".
Zemana antimalware sekarang akan memindai komputer untuk file berbahaya. Proses ini dapat memakan waktu hingga 10 menit.
Ketika Zemana antimalware telah selesai akan menampilkan daftar semua malware bahwa program ditemukan. Klik pada tombol "Next", untuk menghapus file berbahaya dari komputer Anda.
Zemana antimalware sekarang akan menghapus semua file berbahaya yang terdeteksi dan pada akhirnya reboot sistem mungkin diperlukan untuk menghapus semua jejak dari malware.

(Opsional) LANGKAH 5: Atur ulang browser Anda ke pengaturan default


Jika Anda masih mengalami masalah dengan Trotux.com redirect di Internet Explorer, Firefox atau Chrome, kita akan perlu untuk mengatur ulang browser Anda ke pengaturan default.
Langkah ini perlu dilakukan hanya jika masalah Anda belum diselesaikan dengan langkah-langkah sebelumnya.
Google Chrome memiliki opsi yang akan me-reset sendiri ke pengaturan default. Menyetel ulang setelan browser Anda akan mengatur ulang perubahan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh pemasangan program lain. Namun, bookmark disimpan dan password tidak akan dihapus atau diubah.
Klik pada tombol menu utama Chrome, diwakili oleh tiga garis horizontal. Ketika menu drop-down muncul, pilih opsi Pengaturan berlabel.

Pengaturan Chrome sekarang harus ditampilkan di tab baru atau jendela, tergantung pada konfigurasi Anda. Selanjutnya, gulir ke bawah halaman dan klik pada link Tampilkan setelan lanjutan (seperti yang terlihat di bawah ini contoh).
Pengaturan lanjutan Chrome sekarang harus ditampilkan. Gulir ke bawah sampai Reset bagian pengaturan browser terlihat. Selanjutnya, klik pada tombol pengaturan ulang browser.
Dialog konfirmasi sekarang harus ditampilkan, merinci komponen yang akan dikembalikan ke keadaan standar harus Anda melanjutkan dengan proses reset. Untuk menyelesaikan proses pemulihan, klik pada tombol Reset.
 

Komputer Anda sekarang harus bebas dari Trotux.com pembajak browser. Anda dapat menghapus AdwCleaner dari mesin Anda, namun kami sarankan Anda menyimpan Malwarebytes Anti-Malware dan HitmanPro dipasang untuk melakukan scan komputer biasa

Semoga dapat membantu, Salam GudangSiki 

Post a Comment

 
Top