Perkenalkan nih Phonegap, phonegap adalah sebuah kerangka kerja/framework open source yang dipakai untuk membuat aplikasi cross-platform mobile dengan HTML, CSS, dan JavaScript. PhoneGap menjadi suatu solusi yang ideal untuk seorang web developer yang tertarik dalam pembuatan aplikasi di smartphone.
Sekarang jaman serba canggih dan mudah kawan, tidak jaman kalo kamu masih membayangkan betapa susahnya membuat sebuah aplikasi android. Cukup mengetahui dasar-dasar pemrograman website seperti HTML5, CSS dan JS kamu bisa membuat aplikasi android yang kece abis dan tidak kalah canggih sama aplikasi-aplikasi yang dibuat sama perusahaan besar seperti GO-Jek dan kawan-kawannya. kamu sekarang juga bisa bikin seperti gitu.
lalu bagaimana cara menginstallnya?
Untuk kali ini, kita bakal belajar cara install phonegap di Ubuntu ya. caranya mudah banget tinggal copas aja perintah dibawah ini deh.

  1. Install NodeJS dulu 
  2. Nah abis install nodejs, selanjutnya kita harus menginstall juga npm yang gunanya buat mengelola pake dari nodejs tersebut. caranya :;  
  3. Oke, Selanjutnya kita install Git
  4. Sip, Next kita install ANT
  5. The last step, Kita install Phonegapnya
Oke. kita udah selesai intall phonegapnya dan sekarang tinggal latihan buat aplikasi lewat phonegap caranya bisa dilihat dalam postingan berikutnya. tunggu simak baik-baik broo
Salam GudangSiki

Post a Comment

 
Top