Kawan, ada informasi terkait dengan Fedora Project yang dengan bangga mengumumkan ketersediaan langsung Fedora 25, langkah besar menuju containerized, masa depan modular !
Fedora adalah sebuah komunitas global yang bekerja sama untuk memimpin pengembangan perangkat lunak bebas dan open source. Sebagai bagian dari misi masyarakat proyek memberikan tiga edisi, masing-masing sistem operasi berbasis Linux yang gratis, disesuaikan untuk memenuhi kasus penggunaan tertentu: Fedora 25 atom Host, Fedora 25 Server dan Fedora 25 Workstation.
Setiap edisi dibangun dari seperangkat paket dasar, yang membentuk dasar dari sistem operasi Fedora. Seperti dengan semua versi baru dari Fedora, Fedora 25 menyediakan banyak perbaikan bug dan tweak untuk mendasari komponen ini, serta paket baru dan ditingkatkan, termasuk:
  • Docker 1,12 untuk membangun dan menjalankan aplikasi peti kemas
  • Node.js 6.9.1, versi terbaru dari mesin server-side JavaScript populer
  • Dukungan untuk karat, sebuah sistem yang lebih cepat dan lebih stabil bahasa pemrograman
  • PHP 7, menawarkan peningkatan kinerja dan mengurangi penggunaan memori
  • Beberapa versi Python — 2.6, 2,7, 3.3, 3.4, dan 3.5-untuk membantu menjalankan tes suites di beberapa konfigurasi Python, serta PyPy, PyPy3, dan Jython

Untuk Download Fedora 25 silahkan klik Link berikut ini :
Arsitektur

Seperti biasa, Fedora tersedia untuk ARM 32-bit dan 64-bit Intel arsitektur sistem, dan pilih Spins juga tersedia untuk 32-bit x86. Kita juga melepaskan ARM 64-bit, Power (termasuk varian little endian) dan s390x. Untuk ini, lihat:
Arsitektur alternatif Fedora
Dari catatan khusus untuk banyak penggemar, ini adalah rilis pertama di mana kami resmi menjalankan di Pi Raspberry (versi 2 dan 3). Rincian lebih lanjut tersedia dalam artikel ini majalah Fedora : Raspberry Pi (2 dan 3) dukungan di Fedora 25 Beta!, seperti dikutip berikut ini :

Fedora Workstation

Menyediakan banyak terbaru open source tools pengembang dan desktop, Fedora 25 Workstation memberikan sejumlah fitur baru, termasuk lama ditunggu-tunggu resmi debut Wayland tampilan server. Menggantikan X11 warisan sistem, Wayland telah dikembangkan untuk beberapa tahun dan berusaha untuk menyediakan pengalaman yang lebih halus, lebih kaya lingkungan grafis dan kemampuan yang lebih baik untuk hardware grafis modern. Untuk lebih meningkatkan kemudahan penggunaan, Fedora 25 Workstation juga memiliki GNOME mabuk 3,22, yang menawarkan beberapa file mengubah nama, alat pengaturan keyboard didesain ulang dan perbaikan antarmuka pengguna tambahan. Workstation pengguna akan juga senang dengan dimasukkannya decoding dukungan untuk MP3 media format.
Fedora 25 Workstation sekarang membuatnya lebih mudah untuk pengguna Windows dan OS X untuk memulai, dengan penulis Media Fedora yang melayani sebagai default download untuk sistem operasi mereka. Alat ini membantu pengguna menemukan dan men-download rilis Fedora saat ini dan menulis untuk media removable seperti USB stick, memungkinkan calon pengguna Fedora untuk "test drive" sistem operasi dari lingkungan media. Fedora kemudian dapat diinstal sistem mereka dengan proses yang sama.
Untuk pengguna Fedora, jalur upgrade dari Fedora 24 25 Fedora telah disederhanakan dan efisien, dengan khas upgrade, mengambil kurang dari 30 menit, tergantung pada konfigurasi sistem dan kecepatan jaringan. Upgrade bisa dimulai dari baris perintah atau dari perangkat lunak GNOME, seperti biasa keamanan dan update bugfix.
Bagi para pengembang, melampaui docker mesin dan bahasa dukungan baru termasuk dalam paket Fedora 25 basis, Fedora 25 Workstation memperkenalkan peningkatan dukungan Flatpak. Tweak ini membuatnya lebih mudah untuk menginstal, memperbarui, dan menghapus perangkat lunak Flatpak dan memungkinkan standar Kemasan aplikasi ini untuk menjadi lebih user friendly di tingkat workstation.
Ekstensi Shell GNOME juga tidak lagi diperiksa untuk kompatibilitas dengan versi Shell. Ini adalah awalnya diperlukan karena antarmuka GNOME yang berubah dengan cepat selama hari-hari awal GNOME 3. Sekarang antarmuka ini yang stabil, dan ekstensi umumnya dapat diharapkan untuk bekerja dengan rilis baru.

Fedora Server

Selain fungsi multi-peran fleksibel yang disediakan oleh rolekit, Fedora 25 Server sekarang memberikan modul SELinux pemecah masalah baru untuk kokpit. Mirip dengan apa saja tersedia di Fedora Workstation, modul membantu memberikan saran untuk pengguna ketika penyangkalan SELinux ditemui, yang tidak memerlukan memeriksa log dan manual workarounds.
Fedora 25 Server juga sekarang akan menampilkan kunci SSH di kokpit sistem dashboard untuk membuatnya lebih mudah bagi administrator untuk melihat apa kunci terhubung ke mesin yang diberikan. Selain itu, dukungan yang sekarang termasuk untuk multi-langkah (termasuk dua faktor) Layanan otentikasi.
Sistem manajemen identitas FreeIPA juga telah diupgrade ke 4.4 seri, yang menawarkan serangkaian fitur baru untuk server dikerahkan di peran manajemen identitas. Beberapa perangkat tambahan ini meliputi:
  • Topologi manajemen: FreeIPA web UI sekarang dapat digunakan untuk mengelola visual topologi grafik untuk penyebaran besar.
  • Situs DNS: manajemen DNS di FreeIPA sekarang mendukung layanan penempatan lokasi tertentu.
  • Otoritas sertifikat bawahan: Otoritas sertifikat FreeIPA sekarang mampu menciptakan bawahan CAs untuk menerbitkan sertifikat dengan lingkup yang spesifik.
  • Indikator otentikasi Kerberos: Kerberos KDC sekarang memperhitungkan otentikasi indikator ketika mengeluarkan Layanan Tiket. Misalnya, dua faktor otentikasi Kerberos kredensial sekarang dapat diminta sebelum mendapatkan tiket ke layanan VPN (didukung oleh OpenConnect Server).

Fedora Atomic

Baru di Fedora 25 adalah penambahan Fedora 25 atom Host sebagai salah satu tiga edisi Fedora, menggantikan Fedora awan. Sementara image Fedora awan dasar yang akan terus tersedia untuk pengguna yang mencari untuk menjalankan beban kerja pada host tujuan umum, Fedora atom Host menyediakan host dioptimalkan yang dirancang untuk membuat dan menyebarkan berbasis kontainer beban kerja.
Fedora 25 atom Host dikirim dalam beberapa format, untuk memungkinkan pengguna untuk memutar mesin virtual atau menginstal Host atom pada logam telanjang. Mengikuti dengan inovasi dalam dunia Linux wadah, Fedora atom Host ini diharapkan akan segar pada siklus rilis dua minggu (dengan rilis utama bertepatan dengan versi Fedora baru) dan menyediakan jalur upgrade mudah untuk mengakomodasi pengembangan aplikasi yang cepat.
Fedora juga akan menawarkan diformat docker gambar dasar, update bulanan dengan update keamanan penting, untuk digunakan dalam membangun wadah Linux.

Latar belakang dan selebihnya

Ini tidak hanya bagian Fedora yang melihat perubahan dalam rilis hari ini. Spin KDE kami menawarkan paket yang baru dan ditingkatkan untuk musik, video, dan Pribadi informasi manajemen. Xfce mencakup perbaikan ke terminal, pemberitahuan, dan kekuatan manajemen. Mate-Compiz memiliki update ke Mate 1.16 dan sebuah saklar yang lengkap untuk GTK + 3 toolkit.

Salam Linuxer, Salam Gudang Siki
Dirangkum dari : fedoramagazine.org

Post a Comment

 
Top