Tahukah Anda siapakah Tokoh dalam Gambar uang Pecahan Rp.5.000,- edisi Tahun 2016 yang baru saja di Resmikan oleh President ?
Apakah dia gambar Tokoh Asing CHINA ? atau tokoh Asing RUSIA atau dia tokoh Asing SYI'AH IRAN ???
(gambar oleh tribun news dot com)
Kalau mau tahu Gambar tersebut adalah tokoh besar dan sekaligus Pahlawan Nasional asal Kalimantan Selatan, Beliau adalah Dr KH Idham Chalid.
Dulu KH Idham Chalid (Pimpinan PBNU) pernah satu kapal dengan Buya Hamka (tokoh Muhammadiyah) dengan tujuan yang sama menuju tanah suci Makkah untuk melaksanakan ibadah haji.
Tidak ada kisah istimewa dari kedua tokoh berbeda paham tersebut hingga waktu shalat Shubuh menjelang. 
Di saat hendak melakukan shalat Shubuh berjamaah, KH Idham Chalid dipersilakan maju untuk mengimami. 
Secara tiba-tiba, pada rakaat kedua, KH Idham Chalid meninggalkan Qunut Shubuh, padahal Qunut Shubuh bagi kalangan NU seperti suatu "kewajiban".
Semua makmum mengikutinya dengan patuh. Tak ada nada protes yang keluar walau ada yang mengganjal di hati. Sehingga seusai salat Buya Hamka bertanya
Buya Hamka : “Mengapa Pak Kyai Idham Chalid tidak membaca Qunut?.”
KH Idham Chalid menjawab : “Saya tidak membaca do'a Qunut karena yang menjadi makmum ada Pak Hamka. Saya tak mau memaksa orang yang tak berqunut agar ikut berqunut.”
Keesokan harinya, pada hari kedua, Buya Hamka yang giliran mengimami shalat Shubuh berjamaah. Ketika rakaat kedua, mendadak Buya Hamka mengangkat kedua tangannya, beliau membaca doa Qunut Shubuh yang panjang dan fasih. Padahal bagi kalangan Muhammadiyah Qunut Shubuh hampir tidak pernah diamalkan.
Seusai shalat, KH Idham Chalid pun bertanya.
KH Idham Chalid : “Mengapa Pak Hamka tadi membaca doa Qunut Shubuh saat mengimami salat?”
Buya Hamka menjawab ; “Karena saya mengimami Pak Kyai Idham Chalid, tokoh NU yang biasa berqunut saat shalat Shubuh. Saya tak mau memaksa orang yang berqunut untuk tidak berqunut.”
Akhirnya kedua ulama tersebut saling berpelukan penuh kasih. Jamaah menjadi berkaca-kaca menyaksikan kejadian yang mengharukan, air mata tak dapat mereka tahan.
Dan KH Idham Chalid sudah di nobatkan sebagai Tokoh Pahlawan Nasional. Untuk mengenang jasa-jasa beliau dalam Perjuangannya maka Gambar Beliau dijadikan Ikon Gambar dalam uang pecahan NKRI Rp.5.000,- yang baru.
Salam Gudang Siki

Post a Comment

 
Top