Hanya sekedar Share ja kawan, semoga bermanfaat saya punya siswa pindahan dari sekolah lain, siswa tersebut sudah punya NISN dari sekolah asal dan sudah saya masukkan datanya ke dalam aplikasi dapodik. Namun di vervalPD siswa tersebut masuknya ke dalam kolom Belum Memiliki NISN. Bagaimana solusinya?"
1. Buka alamat VervalPD VERVAL PD KEMDIKBUD 2. Silahkan Login
3. Masuk ke dalam kolom "Belum Memiliki NISN"
4. Pilih siswa mutasi tersebut lalu klik "Mutasi Siswa"

5. Lengkapi data sekolah asal "Provinsi - Kabupaten - Nama Sekolah". Untuk Nama Sekolah Asal apabila tidak muncul, silahkan ketik manual nama sekolah asal tersebut sesuai nomenklaturnya. Contoh : SD Negeri ...... atau SDN ....... atau SD N ......... Apabila sudah muncul nama sekolah yang dimaksud, klik pilih sekolah tersebut.
6. Kemudian cari nama siswa yang pindah ke sekolah kita. Untuk mempermudah pencarian bisa dengan cara memanfaatkan fitur search atau filter berdasarkan nama. Di dalam menggunakan fitur ini, perhatikan besar kecilnya huruf, jika di sekolah asal menggunakan huruf besar semua, maka pencarian juga harus huruf besar semua.
7. Apabila data siswa yang mutasi sudah ditemukan, silahkan klik "Pilih Siswa"
8. Jika data siswa dan/atau sekolah asal benar-benar tidak ditemukan, Klik tombol “Tidak Ditemukan” (HATI-HATI menggunakan tombol Tidak Ditemukan, Karena dampaknya siswa tersebut akan terbit NISN baru dan menjadi double apabila sebelumnya sudah punya NISN. Maka dari itu, data siswa dan/atau sekolah asal harus benar-benar dicari terlebih dahulu)
9. Di menu Status Pengajuan Mutasi akan muncul nama siswa tadi, tunggu admin kab/kota mengapprove, jika sudah diapprove akan muncul waktu respon,
10. Jika sudah berhasil, maka siswa tersebut akan masuk ke dalam kolom referensi dengan NISN yang sudah dia dapatkan dari sekolah asal.
Catatan :
Apabila siswa tidak ditemukan di sekolah asal, bisa saja siswa tersebut belum dimutasikan / dikeluarkan dari Aplikasi Dapodik. Solusinya hubungi Operator Sekolah Asal.

Semoga membantu, Salam Gudang Siki

Post a Comment

 
Top