Momen menjelang rilis terbaru Ubuntu versi Long-Term-Support (LTS atau Dukungan Jangka Panjang) tampaknya dimanfaatkan oleh Canonical untuk memperbarui brand (pencitraan) Ubuntu.Linux for Human Being” (Linux untuk Umat Manusia), maka sekarang akan dirubah menjadi “Ubuntu is Lightware” (Ubuntu itu Ringan). Ya, tema Ubuntu kali ini adalah “light“, yang bisa diartikan sebagai “ringan” dan “bercahaya”.

Selain itu, Ubuntu (dan variannya) juga akan memperoleh sejumlah perubahan yang cukup radikal dari sisi desain, termasuk logo, tema desktop, desain situs, dan lainnya. Perubahan-perubahan ini tampaknya akan direalisasikan sejak rilis Ubuntu 10.04 Lucyd Lynx nanti. Apa saja yang berubah?
Yang paling kelihatan adalah tampilan tema default pada desktop Ubuntu. Berikut tampilannya:
Hmm … sekilas tampilannya terlihat seperti tampilan desktop Mac? ^^ Walaupun demikian, menurut saya, tampilan tema baru ini lebih manis dan segar di mata. Di samping gambar latar belakang baru, beberapa ikon aplikasi dan widget juga diperbarui. Namun ada satu perubahan yang tidak “lazim” yaitu letak tombol Maximize, Minimize, dan Close pada jendela. Ya, tombol-tombol tersebut diletakkan di pojok kiri atas, bukan pojok kanan atas seperti versi Ubuntu sebelumnya. Kesan Mac semakin terasa …. ^^;

Ya, situs Ubuntu nanti juga akan mengalami perubahan. Hmm … sekali lagi saya “menangkap” kesan Apple dan Mac pada desain tampilan baru situs Ubuntu ini. Apakah ini hanya perasaan saya saja atau … ? ^^;
Desain baru CD Ubuntu ini juga sekilas mengandung unsur Mac … menurut saya. ^^ Jadi, bagaimana komentar anda mengenai pencitraan baru Ubuntu ini? Suka? Tidak suka? Lebih lengkap mengenai pencitraan baru Ubuntu ini bisa anda lihat di tautan sumber (di bawah ini). ^^

Sumber: Halaman wiki Ubuntu tentang Brand dan Brand2
Sekian, Salam Gudang Siki

Post a Comment

 
Top